RE House

2019

RE house berlokasi di salah satu area perumahan yang cukup settle di kota bogor yang dipilih berdasarkan kebutuhan lokasi dan pencapaian. Pada awalnya merupakan rumah tipe 60 dengan denah yang cukup typical, yang dirasa kurang fungsional dan kurang mengakomodir kebutuhan.

Salah satu potensinya adalah kelebihan tanah yang cukup besar, sehingga kami berpikir untuk menjadikan bangunan lebih berorientasi ke dalam. Area living, kitchen dan dining kemudian ditempatkan di area belakang site agar mendapat view lepas ke arah taman dalam. Kamar utama dipindah ke sisi yang sama dan mendapat perluasan. Kamar mandi dipertahankan, lalu ada storage dan garasi sepeda di depan serta ruang servis di belakang.

Secara kebutuhan ruang yang diprovide hanya kebutuhan dasar saja karena rumah ini akan ikut tumbuh. Konsep ruang didesain compact, serba terjangkau, juga saling terhubung agar seluruh aktivitas bersama menjadi lebih fleksible dan bisa terpantau dari segala sisi ruang. Sisanya didedikasikan sebagai ruang outdoor. karena outdoor space adalah hal yang penting untuk meningkatkan kualitas ruang, dan bagaimana alam secara tangible dan intangible selalu jadi elemen yang penting dalam produk arsitektur tapi kadang mungkin terlupakan.

Dari depan eksterior masif dan minim bukaan sebagai bentuk respon fasad yang menghadap ke arah barat. Area carport multifungsi sebagai area hobi, dan juga menjadi ruang casual untuk menjamu tamu. Pada saat pintu utama dibuka, yang terasa adalah ruangan yang melorong dengan view taman. Secara fungsi sebenarnya untuk menyembunyikan aktivitas penghuni agar lebih private. Secara psikologis adalah untuk memberikan sebuah cerita, ekspektasi dan kejutan terhadap ruang yg kita alami.

Pada akhirnya dengan melepaskan diri dari hal-hal yang sifatnya keinginan, yang dalam konteks ini hidup di ruang yang seperlunya, banyak hal yang kemudian didapat. Yang pasti less renovation budget, bisa dapat outdoor space yang besar untuk dinikmati, kepraktisan dalam beraktivitas, less time and commitment untuk maintenance rumah, dan juga jadi lebih selective dalam memilih barang yang benar-benar dibutuhkan.